Kamis, 05 Juni 2008

Pelajaran Berharga

Analisis Kimia & Teknik Kimia adalah ilmu yg pernah sy peroleh di bangku sekolah kejuruan & pendidikan diploma. Dari cabang ilmu tsb banyak hal yg bisa sy dapat, selain ilmunya yg berharga, ternyata bisa jg mempengaruhi perilaku kita, krn sering berkecimpung dgn bahan2 kimia, maka sikap hati2, disiplin, rapi, dan teliti hrs kita miliki.
Dan kini sy sedang menempuh pendidikan di UI untuk bidang Teknik Industri. Dan lagi2 i can get many valuable lessons. Selain Manajemen Information System yg bbrp materinya tlh sy bhs di posting-an sblmnya. Di TI ini dipelajari jg gimana caranya menjadi entrepreneur yg saat ini sdg sy coba terapkan dgn membuka sebuah kios fashion di CBD Family Mall, moga bnr2 bisa diaplikasikan dgn sukses yaa. Tau ga sih bedanya Wiraswasta & Wirausaha, sy jg br ngeh nih...
Wiraswasta : berusaha mandiri tp tdk memiliki visi pengembangan usaha, tdk kreatif, dan tdk mempunyai daya inovatif. Tp klo wirausaha : disamping sbg owner, ia kreatif, inovatif, dan mampu menghancurkan keseimbangan pasar kemudian menciptakan keseimbangan baru dgn keuntungan-keuntungannya (J.B.Say). Gitu lho...
O ya, yg sgt penting jg adalah database, itu jg yg sy dpt dari mata kuliah MIS. Sebuah sistem manajemen basisdata relasional atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai relational database management system (RDBMS) adalah sebuah program komputer yang didisain untuk mengatur/memanajemen sebuah basisdata sebagai sekumpulan data yang disimpan secara terstruktur, dan melakukan operasi-operasi atas data atas permintaan penggunanya. Contoh penggunaan DBMS ada banyak sekali dan dalam berbagai bidang kerja, misalnya akuntansi, manajemen sumber daya manusia, dan lain sebagainya.
Utk tugas big project database di mata kuliah MIS tsb, sekalian aja sy buat database untuk sebuah butik, jd bnr2 bisa aplikatif deh dgn apa yg sdg sy jalani skrg. Dgn database yg kuat bisa memperkuat pula apa yg saat ini sdg kita usahakan.

1 komentar:

Ridwan mengatakan...

Wah jadi Nisa sekarang udah jadi wirausahawan dong, ato jadi wirausahawati (karena perempuan). Moga sukses selalu ya!